Hukum

 

fungsionaris HUKUM

VISI:

Menjadi lembaga pendidikan tinggi sebagai pusat pengembangan Tri  Darma Perguruan Tinggi serta menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berorientasi yang islami dengan pengembangan hukum bisnis untuk menghasilkan lulusan dengan kompetensi dan moralitas tinggi yang mandiri, inovatif, terkemuka, adaptif dan unggul

MISI:

  1. Meningkatkan kualitas tenaga pendidik dan tenaga administrasi guna menghasilkan lulusan yang berkualitas
  2. Menyelenggarakan pendidikan hukum agar menghasilkan Yuris dengan kompetensi dan moralitas yang tinggi
  3. Melakukan penelitian hukum yang bermanfaat untuk penemuan dan pengemnagan hukum yang sesuai dengan perasaan

 

Sejarah berdiri Fakultas Hukum

 Fakultas Hukum UMN Al Washliyah mulai berdiri pada tanggal 08 Agustus 1996 melalui Sk Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 242/DIKTI/Kep/1996. Fakultas Hukum UMN Al Washliyah saat ini terakreditasi Nasional Perguruan Tinggi No. 0681/Ak-S1-03/IKAIHK/IX/2004. Walaupun masih tergolong muda Fakultas Hukum UMN Al Washliyah telah mampu menghasilkan Sarjana Hukum yang Kapabel dan berkompeten dibidangnya serta berwawasan Keislaman, berkualitas, menguasai IPTEK dan berlandaskan iman dan Taqwa yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat yang terus berkembang. Mampu berkompetisi dalam kehidupan di era globalisasi serta kreatif untuk menyikapi kebutuhan di masyarakat.

Fakultas Hukum UMN Al Washliyah setara dengan perguruan tinggi lain yang terkemuka di Indonesia, dan menghasilkan Alumni yang telah bekerja baik di Instansi Pemerintah seperti di PEMDA, DISPENDA, KEPOLISIAN, PENGADILAN dan Instansi pemerintah lainnya, selain di Instansi Pemerintah sebagian juga bekerja di Instansi Swasta, Pengusaha, Bisnisman, maupun sebagai praktisi Hukum. Pada T.A. 2009/2010 ini Fakultas Hukum UMN Al Washliyah membuka dan menerima kembali pendaftaran mahasiswa baru untuk kelas Reguler dan kelas khusus Jum’at-Sabtu.

 

Keunggulan

 Fakultas Hukum UMN Al Washliyah berdasarkan kebutuhan dan perkembangan program studi dapat menyahuti tuntutan pembangunan pendidikan dan tuntutan masyarakat. Peninjauan kurikulum dilakukan berdasarkan Program KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi). Fakultas Hukum UMN Al Washliyah sesuai dengan visi dan misinya yaitu menyelenggarakan pendidikan tinggi yang menyiapkan sarjana dan tenaga ahli profesi dengan kualitas keilmuan yang dilandasi nilai-nilai Islam yang komprehensif, memiliki kemampuan meneliti dan semangat pengabdian kepada masyarakat untuk pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan yang seluas-luasnya. Fakultas Hukum UMN Al Washliyah sebagai pendidikan, menjunjung tinggi prinsip keilmuan dan pengembangan SDM Indonesia yang Islami dengan penguasaan IPTEK dan seni yang berciri profesional, unggul, kompetitif dan memiliki integritas sosial yang tinggi. Fakultas hukum UMN Al Washliyah mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas akademis yang relevan dengan perkembangan tuntutan pembangunan atau masyarakat. Berwawasan keislaman dan berakhlakul karimah, tanggap pada perubahan zaman, serta mampu berkompetisi dalam kehidupan global dengan potensi kreatif untuk menyikapi kebutuhan pembangunan atau masyarakat. Memiliki potensi penelitian yang optimal untuk kepentingan mutu akademik dan untuk kehidupan masyarakat melalui kegiatan-kegiatan akademik dan melalui pengabdian pada masyarakat. Menjadikan lembaga yang kompetitif untuk pengembangan kualitas pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat serta SDM yang handal. Fakultas Hukum UMN Al Washliyah melaksanakan kegiatan klinis hukum bagi mahasiswa yang duduk di semester VII (Tujuh) secara langsung di Pengadilan Agama, PTUN dan Pengadilan Negeri Medan, sehingga mahasiswa Fakultas Hukum UMN Al Washliyah mampu menjadi seorang insan hukum yang berkualitas dan handal khususnya dalam hal praktek.

 

Prospek Dunia Kerja

 Alumni Fakultas Hukum UMN Al Washliyah dengan SDM yang handal, mampu bersaing dalam dunia kerja. Baik di Instansi Pemerintah, Swasta, menjadi pengacara/penasehat Hukum, Konsultasi hukum, bisnisman dan sebagainya yang terkait dengan bidang ilmu hukum.

 

Program Studi

Ilmu Hukum (SK. No. 020/BAN-PT/Ak-XIV/S1/VII/2011)

 

Staff Dosen

  1. Prof. H.M. Abduh, S.H (Guru Besar USU)
  2. Prof. H. Syamsul Arifin, S.H, M.H
  3. Prof. Hj. Sri Sulistyawati, S.H, M.Si, Ph.D
  4. Prof.Dr. RM.H. Subanindyo Hadiluwih, S.H, M.BA, Pd.D
  5. Dr. Marzuki S.H, M.H
  6. Dr. Suwarto, S.H, M.H
  7. Dr. Hj. Laily Washliyati, S.H, M.Hum
  8. Dr. Jusmadi Sikumbang, S.H, M.S
  9. Nelvitia Purba, S.H, M.Hum
  10. Masdani  MS, S.H, M.Hum
  11. Taufik Siregar, S.H, M.Hum
  12. Ahmad Mahdi Siregar, S.H, M.H
  13. Hj. Nurhayati, S.H, M.Hum
  14. Erwin Hidayah hasibuan, S.H, M.H
  15. Hj. Adawiyah Nasution, S.H, S.Pn, M.Kn
  16. Ferry Susanto Limbong, S.H, S.p.N, M.Hum
  17. Rita Hartati, S.S, M.Hum
  18. Afifah Rangkuti, S.H, M.Hum
  19. Dra. Syarifah, M.A
  20. Drs. H. Kondar Siregar, M.A
  21. Dedy Iskandar BB, S.Sos, M.Sp
  22. Dr. Anwar Saddat, S.Ag, M.Hum
  23. Tetti Marlina Tarigan, S.H, M.Kn
  24. Majda El Muhtaz, S.Ag, M.Hum
  25. Dr. Azhar Sitompul, M.A
  26. Tri Reni Novita, S.H, M.H
  27. Halimatul Maryani, S.H, M.H
  28. Iwan Setyawan, S.H, M.H
  29. Dian Yudistira, S.H
  30. Alkausar Saragih, S.Pd.I

(3932)