Keguruan dan Ilmu Pendidikan

fungsionaris FKIP

 

Pimpinan Fakultas

  • Dekan: Drs. M. Ayyub Lubis, M.Pd, Ph.D
  • Pembantu Dekan I: Drs. Darajat Rangkuti, M.Pd
  • Pembantu Dekan II:  Dra. Rosnilah, M.Pd
  • Pembantu Dekan III   : Drs. H. Dalyanto, M.Pd

Visi, Misi dan Tujuan FKIP UMN-AW

Visi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al Washliyah sebagai lembaga pendidikan, mempersiapkan sumberdaya manusia yang Islami, dinamis, profesional, kompetitif dan relevan dengan perkembangan zaman.

Misi FKIP Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al Washliyah adalah:

  1. Menyelenggarakan pendidikan untuk mempersiapkan pendidik dan tenaga kependidikan yang sesuai dengan kebutuhan pemerintah, masyarakat lokal dan global yang mampu bersaing baik kuantitas maupun kualitas yang progresif.
  2. Melaksanakan kurikulum yang dinamis dalam membentuk lulusan yang beriman dan bertaqwa serta memiliki keterampilan mengajar, mendidik dan melatih serta sanggup beradaptasi.

Tujuan FKIP UMN Al Washliyah adalah sebagai berikut:

  1. Menghasilkan lulusan yang Islami, beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, memiliki kemampuan mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik insan intelektual yang dapat menyumbangkan ilmu pengetahuan dan keterampilannya dalam memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang terus berkembang.
  2. Menjadikan FKIP UMN Al Washliyah sebagai lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK) terdepan dalam mengadakan pembaharuan di bidang teknologi pendidikan untuk menciptakan tenaga kependidikan yang berkualitas dan mampu berkompetisi.
  3. Terciptanya kondisi dinamis, sehingga proses pendidikan dapat berlangsung secara kondusif dalam mempersiapkan lulusan sebagai pendidik dan tenaga kependidikan yang berkualitas dan sesuai dengan perkembangan zaman.

Sejarah

FKIP UMN Al Washliyah pada mulanya adalah salah satu Fakultas pada UNIVA (Universitas Al Washliyah) yakni FKIP UNIVA berdasarkan Sk Depertemen Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan No. 24/8-SWT/P/1963. FKIP UINIVA ini mengasuh dua jurusan, yaitu Jurusan Pendidikan Umum dan Bimbingan Konseling.

Tanggal 22 Januari 1981 FKIP UNIVA memisahkan diri dari UNIVA dan mengembangkan diri menjadi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Al Washliyah dengan Surat Keputusan No. 071/0/1981. Pada perkembangnnya pada 7 Oktober 1983 STKIP Al Washliyah berkembang dengan mengasuh 4 (empat) Fakultas dan 8 (delapan) jurusan sesuai dengan SK MENDIKBUD No. 0402/o/1983 yaitu:

  1. Fakultas Ilmu Pendidikan mengasuh jurusan Metodologi Kurikulum dan Teknologi Pendidikan dan jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan.
  2. Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam mengasuh jurusan Pendidikan Matematika dan jurusan Fisika.
  3. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni mengasuh jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia dan jurusan Bahasa Inggris.
  4. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial mengasuh jurusan PMP dan KN dan jurusan Pendidikan Dunia Usaha.

Tanggal 24 Desember 1983 STKIP kembali mengembangkan diri menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Al Washliyah dengan surat keputusan melalui Pendidikan dan Kebudayaan No. 042/0/1983.

IKIP Al Washliyah mengasuh 4 (Empat) Fakultas:

  1. Fakultas Ilmu Pendidikan mengasuh Jurusan Metodologi Kurikulum dan Teknologi Pendidikan dan Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan.
  2. Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam mengasuh jurusan Pendidikan Matematika dan jurusan Pendidikan Fisika.
  3. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni mengasuh jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia dan Pendidikan Bahasa Inggris.
  4. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial mengasuh Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewargaan Negara(PMP-KN) dan Jurusan Pendidikan Dunia Usaha.

Tanggal 3 April 1990 dengan Sk Mendikbud No. 0198/o/1990 Fakultas/Jurusan/Program studi dilingkungan IKIP Al Washliyah diberi status diakui. Tanggal 11 September 1993 Dirjen Dikti DEPDIKBUD dengan Sk 554/DIKTI/Kep/1993 diberi status disamakan kepada jurusan/Program Studi jenjang S-1 pada fakultas di lingkungan IKIP Al Washliyah.

Terhitung mulai tanggal 8 Agustus 1996 IKIP Al Washliyah Medan bersama-sama dengan AMIPA Al Washliyah ditingkatkan/berubah nama menjadi Universitas Muslim Nusantara di mana FKIP sebagai salah satu fakultas dengan mengasuh 8 Program S-1. Yaitu: Bimbingan Konseling, Pendidikan Guru Taman Kanak-Kanak, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika,  Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Ekonomi dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No. 002/BAN-PT/AK-II/XII/1998, tanggal 22 Desember 1998 semua Program Studi di lingkungan FKIP UMN Al Washliyah di beri Status Terakreditasi.

Program Studi FKIP-UMN AW

fungsionaris FKIP prodi

 

Bimbingan Konseling (SK. No. 030/BAN-PT/Ak-X/S1/XII/2007)

Ketua Prodi: Dr. Hj. Nur Asyah, M.Pd

Pendidikan Matematika (SK. No. 024/BAN-PT/Ak-XV/S1/VIII/2012)

Ketua Prodi: Drs. Ahmad Sukri Nasution, M.Pd

Pendidikan Fisika (SK. No. 009/BAN-PT/Ak-XIV/S1/VI/2011)

Ketua Prodi: Drs. H. Jafri Haryadi, M.Si

Pendidikan Bahasa Indonesia (SK. No. 012/BAN-PT/Ak-XI/S1/VI/2008)

Ketua Prodi: Rahmat Kartolo, S.Pd, M.Pd

Pendidikan Bahasa Inggris (SK. No. 030/BAN-PT/Ak-X/S1/XII/2007)

Ketua Prodi: Drs. H. M. Khalid, M.Hum

PPKN (SK. No. 005/BAN-PT/Ak-X/S1/VI/2016)

Ketua Prodi: Drs, Samsul Bahri, M. Si

Pendidikan Ekonomi (SK. No. 028/BAN-PT/Ak-X/S1/XI/2007)

Ketua Prodi: Dra. Nurjannah, M.Si

PG-PAUD (SK. Dirjend DIKTI NO. 2395/D/T/2010)

Ketua Prodi: Sitti Rahmah, S.Pd, M.Pd

(60960)