Fakultas Sastra UMN-AW Gelar Seminar Internasional

Fakultas Sastra (FS) Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah (UMN-AW)  menggelar seminar internasonal bertajuk “Pembentukan Karakter melalui Bahasa dan Budaya” di Aula Kampus C UMN-AW.

Seminar ini menghadirkan tiga orang pembicara utama, yaitu Prof. Jubaidah Ibrahim dari Universiti Malaya, Prof. Dr. T Silvana Sinar dari Universitas Muslim Nusantara dan Dr. Risnawaty sebagai Dekan FS UMN-AW. Sedangkan moderator untuk seminar ini adalah Drs. Saiful Anwar Matondang, M.A (UH).

Dalam paparannya, Jubaidah mengatakan bahasa akan membentuk komunikasi, dimana komunikasi itu adalah menyampaika dari satu individu ke individu lainnya dengan bahasa yang bisa dimengerti satu sama lain.

Manusia yang hidup, kata Jubaidah, saat bangun pagi hari tentu saja memiliki motivasi untuk melakukan komunikasi dengan sesamanya. Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, bukan semata-mata berkomunikasi tanpa tujuan.

“Komunikasi dilakukan untuk keperluan keamanan dari segi tubuh, pekerjaan, moral, keluarga, dan juga harta benda yang dimilikinya,” kata Jubaidah.

Sementara itu, Risnawati dalam pemaparannya mengungkapkan bahwa pendidikan karakter bisa diawali dengan metode pendidikan yang menyelipkan berbagai nilai-nilai yang positif kepada peserta didik. Senada dengan Risnawati, Silvana Sinar mengungkapkan bahwa pesan-pesan moral dalam karya sastra semisal pantun dapat dijadikan media pembelajaran mengenai pendidikan karakter.

Acara ini dihadiri sekitar 300 peserta yang datang dari berbagai institusi. Mahasiswa S1 Pendidikan Bahasa Inggris dan Sastra Inggris UMN-AW menjadi peserta mayoritas dalam seminar ini. Acara ini dibuka langsung oleh Rektor UMN-AW yang diwakili Wakil Rektor 1 UMN-AW Prof. Dr. Ahmad Laut Hasibuan, M.Pd. (Repro: Harian Tribun Medan :: Febry Ichwan Butsi) (69)

Posted in Arsip Berita.