Pilar Pendidikan dalam Pandangan Ketua PW Al Washliyah Sumatera Utara Hasbullah Hadi, S.H, M.Kn

has

Sewaktu redaksi menyambangi sekretariat Pengurus Wilayah (PW) Al Washliyah yang berada tepat didepan Taman Makam Pahlawan di jalan Sisingamaraja Medan, untuk menjumpai Hasbullah Hadi, S.H, M.Kn.  Redaksi terkesan dengan keramahan dari Hasbulah Hadi ini, sosok yang bersahaja sekaligus karismatik tercermin dari pembawaan dirinya.

Wawancara dilakukan di ruang kerjanya, yang sangat sederhana jika dibandingkan dengan amanah yang diembannya sebagai Ketua PW Al Washliyah Sumatera Utara. Hasbulah membuka cerita bahwa dirinya sangat antusias menyambut redaksi, padahal beliau baru saja menjalani check up dari rumah sakit. “Biasalah sudah tua,” ujarnya sembari tertawa lepas.

Hasbullah merasa bahwa dia agak kikuk jika disebut sebagai ulama, tapi dia lebih nyaman jika disebut sebagai seorang pendidik. Di singgung mengenai peran Al Washliyah dalam bidang pendidikan, Hasbullah mengatakan bahwa sebenarnya pendirian Al Washliyah memang tidak terlepas dari pendidikan sebagai elemen dari 4 pilar Al Washliyah. “Empat pilar Al Washliyah tersebut adalah Keilmuan, Keulamaan, Pergerakan dan Keumataan,” ujar Hasbullah dengan nada santai.

Pilar pendidikan juga hal penting bagi Al Washliyah, dan itu tetap menjadi prioritas dalam perjalanan Al Washliyah. Termasuk berdirinya Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah (UMN-AW), Hasbullah menyatakan bahwa UMN-AW adalah bagian sejarah dari tradisi keilmuan Al Washliyah.

Hasbullah tidak menampik jika sistem pendidikan Al Washliyah terlihat konservatif. Baginya hal konservatif dalam pendidikan Al Washliyah sangat penting untuk membentuk watak penuntut ilmu tidak hanya memiliki  kemampuan pendidikan yang baik, tetapi memiliki ahlak Islam yang mulia,” tutur Hasbullah yang juga fungsionaris di salah satu partai tersebut tegas.

Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah (UMN-AW) dalam pandangan Hasbullah memiliki potensi untuk semakin besar dan maju. Banyak potensi yang mampu menjadi akselerator UMN-AW untuk mampu mewarnai dunia pendidikan tinggi di Sumatera Utara khususnya dan Indonesia pada umumnya.

“Saya yakin, UMN-AW akan semakin maju kedepan, pasalnya para dosen UMN-AW memiliki integeritas, intelektualitas dan kemampuan untuk membawa UMN-AW semakin harum dimasa mendatang,” kata Hasbullah mengakhiri wawancara. (Febry Ichwan Butsi)

This post has already been read 260 times!