Home / Berita / UMN AL Washliyah Ikuti Pelatihan SAPTO
DSCN2401

UMN AL Washliyah Ikuti Pelatihan SAPTO

Perubahan mekanisme pengusulan borang akreditasi baik intitusi dan prodi dari sistem cetak menjadi online menuntut penyesuaian dari perguruan tinggi di Indonesia untuk bisa mengikplementasikan sistem Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO).

Hal tersebut disampaikan oleh Dr. Mahriyuni selaku Sespel dari Kopertis Wilayah I di hotel Poonia hari ini (12/6/17).

Kopertis mengundang berbagai perguruan tinggi di Sumatera Utara untuk mengikuti kegiatan ini. Universitas Muslim Nusantara (UMN) AL Washliyah juga turut serta dan ambil bagian dalam kegiatan ini yang diwakili oleh Febry Ichwan Butsi, S.Sos, M.A.

Chan Basarudin dari BAN PT menjadi narasumber utama dalam kegiatan ini mengatakan bahwa perubahan mekanisme dari cetak menjadi online ini adalah efisiensi.

Selama ini BAN PT kewalahan menghadapi banyaknya borang akreditasi yang masuk, tidak hanya dokumen yang terlalu banyak. “Tidak efisien dan ramah lingkungan,” ujarnya lugas.

Chan menambahkan tidak hanya proposal akreditasi yang tebal, belum lagi pemborosan keuangan di PT masing-masing untuk membawa borang tersebut ke Jakarta dengan pesawat.

Dengan sistem online ini akan memudahan BAN PT dalam mengintroduksi SAPTO, karena jumlah PT se Indonesia ada sekitar 4000-an PT dengan puluhan ribu prodinya. “Semoga manajemen akreditasi PT di Indonesia kedepan makin baik, efisien sesuai amanat perundang-undangan,” katanya. (Febry Ichwan Butsi).

(35)

Check Also

DSCN2383

LP2M UMN Al Washliyah Ikuti Workshop Hasil Verifikasi Borang Kinerja PkM

Menyambuti udangan dari Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Kemristek Dikti yang menyelenggarakan Workshop Hasil …

error: Content is protected !!